Rabu, 23 Mei 2018

USG 4D MURAH DI SEMARANG



Assalamu’alaikum...

Beberapa bulan lalu banyak temen tanya ke saya, saya periksa USG dimana saat hamil?
Salah satu yang paling saya sukai saat hamil adalah saat pemeriksaan USG. Selain untuk mengetahui perkembangan jabang baby ( JB a.k.a Jeibi ) lebih detail, pemeriksaan USG juga berguna untuk mengetahui kesehatan reproduksi kita, para wanita.

Seperti perempuan hamil kebanyakan, saya selalu excited saat melakukan pemeriksaan USG (ultrasonography). Pemeriksaan USG bisa dilakukan minimal tiga kali selama kehamilan. Banyak sekali manfaat dari pemeriksaan USG ini, tapi kalau untuk saya pribadi sih ya ingin tahu aja apakah bayi di janin saya sehat atau tidak.

Nah, yang sedang marak sekarang adalah USG 4D.  Pemeriksaan USG yang memungkinkan kita melihat wajah Jeibi, kondisi organnya, jumlah jarinya, jenis kelaminnya, pergerakan organ vital seperti jantung dan paru-parunya, termasuk aliran darahnya.

Sebelum melakukan pemeriksaan USG, terlebih dulu saya cari tahu tempat mana saja yang bisa melakukan check USG yang bagus dengan harga yang terrrrjangkauu, hehe. Pertama, saya coba periksa USG 2D terlebih dahulu, setelah janin sudah terlihat dan agak besar, barulah saya check USG 4D. Kebetulan saya tinggal di Semarang, setelah tanya sana-sini, saya menemukan tempat check USG yang lumayan murah.


APOTIK INDRAPRASTA SEMARANG

Saat kehamilan menginjak 12weeks, saya memutuskan untuk check USG di sini (karena biayanya oke). Dokternya laki-laki, Dr. Endy Cahyono, SpOG. Dokter yang ramah dan komunikatif. Sayangnya beliau laki-laki, jadi saya agak malu-malu gitu hihi. Beliau juga ada praktik di RS Kariadi dan RS Panti Wilasa Citarum Semarang. Jadwal praktik Dr. Endy di Apotik Indraprasta setiap hari Selasa dan Kamis start pukul 18.00 – 20.00. Cuma kita harus dateng sebelum jam 18.00 (kalau bisa sih jam 4 sore ya :D) untuk dapet antrian awal.

USG nya 2D dengan biaya 80rb saja. Kita sudah bisa check USG (dapet print hitam 1 lembar) + biaya dokter + check tensi dan berat badan (belum termasuk vitamin/obat). Lumayan kan!

Karena harganya murah dan dokternya baik, jadi tempat ini banyak peminatnya. Antrinya cukup panjang. Kita harus dateng sore minimal pukul 16.00 kalau ingin mendapat nomor antrian awal. Trus habis itu ditinggal jalan-jalan plus makan aja, lalu balik lagi ke apotik pukul 18.00. Jadi bumil nggak bete mengantri dan mood tetap terjaga dengan baik.


KLINIK PRATAMA SEHAT UTAMA

Sudah merasakan check USG 2D, sekarang saya ingin coba dengan USG 4D. Carilah saya tempat check USG 4D yang cucok (dan kalau bisa sih dokternya perempuan). Kebetulan Mas Ulil uri nampyon dapet info tentang USG 4D murah di Semarang, yaitu di Klinik Pratama Sehat Utama yang beralamat di Jalan Medoho Raya No.21, Sambirejo, Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50166 (lengkap banget cuy!)

Pemeriksaan USG 4D bersama dr. Erika Dian, beliau dokter praktek di klinik tersebut. Beliau dokter umum tapi punya keahlian dalam per-USG-an, disebut ultrasonografer. Alhamdulillah senang sekali dapet dokter perempuan yang baik, sabar, ramah, terbuka, menjawab tiap pertanyaan dengan detail, dan ngobrolnya tuh udah kayak sama temen sendiri.

Beberapa temen bilang kalau pemeriksaan USG 4D bisa dimulai sejak usia kandungan 24 - 32weeks, saat janin sudah terlihat dan belum terlalu besar. Tapi terakhir saya periksa kesana saat usia kandungan 36weeks dan bisa aja. Alhamdulillah wajah Jeibi juga (masih) terlihat dengan jelas. Sekarang udah lahiran hehe, ceritanya bisa dibaca di sini ya!

Hey, hello Jeibi!

USG pertama, uk 24weeks

USG kedua, uk 31weeks

USG ketiga, uk 36weeks

Biaya USG 4D di Klinik Pratama Sehat Utama cukup murah, hanya IDR 200K ( sudah termasuk biaya dokter, print warna 2 lembar, dan print hitam 4 lembar ). MURAH KAN, GENGS! Karena kalau kita cek di Rumah Sakit, biayanya cukup pricey, kurang lebih 500rb - 1jt.

Ini jadwal USG kliniknya. Langsung ikuti alur pendaftarannya via sms H-1.


Untuk menghemat waktu (mengantri), saya sarankan untuk datang ke klinik lebih awal. Misal kita dapat jadwal pukul 17.00, sebisa mungkin kita datang dan daftar pukul 16.00, jadi sebelum maghrib kita udah bisa pulang ke rumah, nggak pakai antre sampai malam.

Saat periksa, jangan lupa membawa buku catatan kehamilan atau buku KIA a.k.a buku pink, agar memudahkan dr. Erika tentang riwayat kehamilan kita.

Oh iya, saat pemeriksaan USG yang ketiga atau saat mendekati due date, saya dapet kenang-kenangan gelas cantik dari klinik. Gemes deh! Sampe sekarang masih tersimpan rapi belum kepake. Next akan ku update penampakan gelasnya, haha. Sekian!

Well, semoga bermanfaat ya!

Xoxo,
Lulu.


Ps.
Info lebih lengkap tentang USG 4D dengan dr. Erika Dian, bisa langsung klik disini ya, guys :)



42 komentar:

  1. mba maaf mw tanya, dr endy pendaftarannya bisa by phone ato langsung datang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo mba. Langsung datang aja mba..

      Hapus
    2. Maaf mbak,,mau tanya dokter endi di indrapasta prakteknya dimana njih,,kan menumbing sudah tutup?

      Hapus
    3. Kalau saya dateng ke klinik Indraprasta Jalan Indraprasta mbak. Karena biaya lebih murah hehehe

      Hapus
  2. Halo mba mw tanya dong, kalo sama dr.erika bisa minta surat keterangan hamil gak ya untuk daftarin calon bayi ke bpjs?
    Oia di klinik pratama ada dokter spog nya gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau itu saya kurang tau iwk mbak. Tapi klinik pratama bisa buat lahiran..

      Hapus
  3. mbak, mau tanya. kalau di klinik sehat utama, utk periksa saja apakah harus booking dulu? saya baru pertama kali soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, lebih baik booking dulu agar diprioritaskan..

      Hapus
  4. Hai mba, mau tanya kalo utk dokter erika bisa utk usg selain kehamilan ga ya? Pengen usg krn kebetulan koq dismenorea akut saat ini... pengen tau dalem nya... hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tau pasti mbak.. Mungkin langsung tanya ke klinik aja ya hehehe

      Hapus
  5. Cukup sekali dan terimakasih deh berkunjung ke klinik ini.
    1) resepsionis di depan kebanyakan main hp dan gibah ga jelas. Manggil pasien pun ga jelas apa lg kalo lagi barengan sama adzan, dijamin ga kedengeran.
    2) TOILET KOTOR, GA ADA AIRNYA !!! ini sih parah banget buat sebuah klinik tapi toilet sampe ga ada airnya dan bekas pipis ga di siram. Harusnya klinik tuh bersih, apalagi toilet tuh penting banget. Masa saya harus sampe ke masjid yang di sebelah klinik hanya untuk buang air kecil aja.
    3) staf SUSTER/ ASISTEN DOKTER GA PROFESIONAL. masa mau cek tensi pake nanya dulu biasanya tensinya berapa.. KOCAK !!!
    Terus pasien lagi di USG, si asisten ga jelas keluar masuk ruangan USG berkali kali.. HELLO LAGI ADA PASIEN KALI DI DALEM DAN ITU PERUT PASIEN LAGI DALAM KONDISI TERBUKA DAN DI DEPAN RUANGAN TUH BANYAK PASIEN LAIN (SUAMI ISTRI) YANG LAGI NUNGGU GILIRAN MASUK RUANG USG.. CERDAS DIKIT LAH !!! Harusnya bisa jaga privasi pasien, apa ga diajarin kode etik ya sama kliniknya? ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan saya blogger. Dan suka menjelajah dari satu blog ke blog lain. Si Atika ini kerjaannya memang tukang nulis komen dengan KALIMAT SAMA, TAPI KLINIK BEDA. ARTINYA INI FAKE REVIEW. ABAIKAN SAJA DEH SI ATIKA

      Hapus
    2. Saya penasaran sama reviewnya Atika, bener atau nda soalnya kok ya bahasanya sampai segitunya tentang staf dokternya terutama saat di ruang periksa . Akhirnya saat ke klinik, saya amati sendiri dengan suami ,terutama saat di ruang periksa,ya sempat sih waswas awalnya.
      Tapi ternyata aman kok, staf dokternya mengerti kalau buka pintu secukupnya dan tidak bolak balik. Saat pintu dibuka sedikit, tidak terlihat orang . Andaikan ada yang sengaja melongok ke dalam pun masih ketutupan sama dokter yang periksa. Jadi tenang saja Bu, seperti yang dikatakan Secretraveler Team, Diabaikan saja reviewnya Atika.

      Hapus
  6. Alamatnya mna mbak?
    Harga usg yg biasa berapa mbak?

    BalasHapus
  7. Alamatnya mna mbak?
    Harga usg yg biasa berapa mbak?

    BalasHapus
  8. Hai bun..seneng ya baca pengalamannya
    Mau tanya bun..lahirannya dimana?

    BalasHapus
  9. Terima kasih tulisannya. Maret 2019 ini sudah tlp ke apotek indraprasta, untuk dr. Endy sayangnya masih libur lama, jadi belum bisa menikmati USG murahnya :(

    BalasHapus
  10. Kalau jadwal USG yg buka di hari minggu,,,kira kira ada yang tau gak ya di mana tempatnya ??
    Makasih

    BalasHapus
  11. di klinik pratama bs untuk konsultasi kandungan juga kah krn semenjak nikah sy blm coba untuk ke dokter cek kandungan dan msh bingung kemana mgkn ada mom2 yg punya rekomendasi tempat? Krn sy msh newbie hehe

    BalasHapus
  12. untuk klinik diatas apakah non bpjs mbak harganya itu? soalnya baru mau buat bpjs

    BalasHapus
  13. Harganya lebih murah di bandingkan di rumah sakit..., apakah melayani bpjs juga?

    BalasHapus
  14. Asalamualaikum apa untuk bulan ini harga usg 4d masih 200 . mohon jawabanya trimakasih

    BalasHapus
  15. Maap sekarang biaya USG diapotek Indraprasta berapa ya mba . Terima kasih

    BalasHapus
  16. sya sudah 2 kali usg 4D d dr erika.. kesan pas usg pertama enak, beliau ramah, usg.nya jg detile, tp sayang pas usg kedua bisa d bilang kecewa, usg 4d gk ada 5 menit udh selesai. belum lihat si dedek dg jelas udh d pindah2 terus alat usg.nya, pdhl usg 4d kn bisa lihat si dedek itu gerak2 d dlm perut. tp ini tdk. sya amati beliau jg sllu menyarankan bumil2 yg usg untuk banyak minum air putih biar ketubannya tdk keruh. hmpir smua sarannya itu. tdk ada yg lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok sama ya Bun saranya...apa karena beliau dokter umum ya bukan dokter kandungan?

      Hapus
    2. Pengalaman kami periksa kalau air ketuban keruh , gambar tidak terlihat jelas jadi lebih susah lihatnya Bun, padahal kami mau lihat hasilnya dan kurang bagus gambarnya buat kenang-kenangan juga.
      Kalau kami mikir positifnya saja, bayi kita kalau dalam kandungan air ketuban yang jernih/baik mestinya lebih baik/sehat dibandingkan di dalam air ketuban yang keruh.

      Hapus
  17. Dr erika bisa cek selain kehamilan atau gk ya bu ibu,, misal cuma ingin tau kesehatan kandungan ajja, karna haid sering gk teratur gitu ,, yg tau plisss jawabanya,

    BalasHapus
  18. Trimakasih mba buat ulasannya yaa..Bulan kemarin kami sdh kontrol usg 4D ternyata air ketuban kami kurang baik lalu diminta kontrol bulan ini dengan mengikuti saran dokter untuk menjalani pola minum sehat air putih 2.5liter sehari dan lebih suka sayuran berkuah ��..Alhamdulilah ketika kami ulangi lagi usg 4D, kamipun bisa melihat wajah bayi kami lebih jelas karena air ketuban istri sudah bagus. Dan sampai sekarangpun istri saya selalu ingat utk terus suka minum air putih, heheheh..maturnuwun

    BalasHapus
  19. Maaf mbak biaya usg brpa skrng

    BalasHapus
  20. Maaf mbak biaya usg brpa skrng

    BalasHapus
  21. Mbak, kalo usg 4d di dokter endy brp ya biayanya?

    BalasHapus
  22. Hallo, hari minggu buka tidak ya, dan jam brpa bukanya?

    BalasHapus
  23. Klau bu nawang minggu buka tidak iya

    BalasHapus
  24. Klau bu nawang minggu buka tidak iya

    BalasHapus
  25. Spesial usg buka praktikny jm berapa yh...

    BalasHapus
  26. Alurnya bagaimana ya kalau mau USG
    Datang langsung atau daftar dulu lewat SMS ?

    BalasHapus
  27. Maav mau tanya , tolomg dijawab ya mbak, saya mau usg 4d apa harganya masih sama 200 atau kalo udah naik jadi berapa sekarang ?? Trimakasih tolong dibantu jawab karna butuh usg segera 🙏🙏🙏

    BalasHapus
  28. Dr Endi praktwk di mana sekarang?

    BalasHapus
  29. Per 28 Juni 2022, Jadwal Layanan USG di Klinik Pratama Sehat Utama pindah ke Praktik Mandiri Jln. Kijang II No 30. Silakan menghubungi no WA 085742900140, untuk mendaftar. Terima kasih

    BalasHapus